KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN JAMUR PADA JAHE MERAH (Zingiber Officinale var Rubrum) DI KECAMATAN SANGATTA SELATAN KABUPATEN KUTAI TIMUR Keragaman dan Kelimpahan Jamur

Main Article Content

Zainuddin Saleh Nurhidayati Nurhidayati Liris Lis Komara

Abstract

Jahe merah adalah salah satu tanaman dari famili zingiberaceae yang banyak dipakai untuk bumbu masak dan obat-obatan. Produksi jahe merah turun karena penyakit. Karenanya agen penyebab pasti penyakit perlu diidentifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengisolasi dan mengidentifikasi agen penyebab penyakit jahe dari tanaman yang sakit dan sampel tanah yang dikumpulan di sekitar tanaman sakit di tiga lokasi di dusun Melawan, Desa Pinang Raya, Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur. Selain itu faktor edafik berupa pH, suhu dan kelembaban udara juga ukur. Hasil kultur dan identifikasi 15 koloni jamur yang terdiri dari dua genera. Hasil penelitian menunjukkan banyak jenis jamur tidak berpengaruh pada banyaknya tanaman yang terserang penyakit, tetapi kelimpahan sangat berpengaruh, dan hal yang paling mempengaruhi kelimpahan jamur pada penelitian ini adalah faktor edafik berupa kelembaban.


 

Article Details

How to Cite
SALEH, Zainuddin; NURHIDAYATI, Nurhidayati; KOMARA, Liris Lis. KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN JAMUR PADA JAHE MERAH (Zingiber Officinale var Rubrum) DI KECAMATAN SANGATTA SELATAN KABUPATEN KUTAI TIMUR. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 3, p. 1121-1128, dec. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1030>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i3.1030.
Section
Articles