Analisis Gender Dalam Kesediaan dan Pengambilan Keputusan Rumah Tangga Petani untuk Membudidayakan Sorgum

Main Article Content

Rian Alfian Abdi Anggara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kesediaan rumah tangga petani untuk membudidayakan sorgum; (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi kesediaan rumah tangga petani; (3) mengetahui pengambil keputusan di rumah tangga petani pada kegiatan domestik dan kegiatan produktif; (4) mengetahui hubungan antara pengambilan keputusan dengan kesediaan petani untuk membudidayakan sorgum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bayan yang ditetapkan secara “purposive sampling” dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis skoring, analisis deskriptif, dan analisis chi-square.


            Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesediaan rumah tangga petani untuk membudidayakan sorgum ialah 19 orang menyatakan bahwa mereka bersedia untuk membudidayakan sorgum, 14 orang ragu-ragu dan 17 orang menyatakan tidak bersedia untuk membudidayakan sorgum; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi petani responden bersedia untuk membudidayakan sorgum yakni: Teknik bercocok tanam mudah, pemeliharaan mudah, manfaat yang dihasilkan, bisa bertahan dilahan kering, peluang pengembangan, bisa ditanam secara tumpang sari, kondisi lahan. Faktor yang mempengaruhi petani ragu untuk membudidayakan sorgum adalah pemasaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi petani sehingga mereka tidak bersedia adalah pemasaran, kondisi lahan, tidak ada lahan, bibit susah didapat, hama burung; (3) Pola pengambilan keputusan rumah tangga petani pada kegiatan domestik termasuk dalam kategori tinggi dan pola pengambilan keputusan pada kegiatan produktif termasuk kategori sedang. Secara umum, pola pengambilan keputusan pada rumah tangga petani termasuk dalam kategori sedang; (4) Terdapat hubungan pada pola pengambilan keputusan produktif yang seimbang antara suami dan istri dengan kesediaan petani untuk membudidayakan sorgum.

Article Details

How to Cite
ANGGARA, Rian Alfian Abdi. Analisis Gender Dalam Kesediaan dan Pengambilan Keputusan Rumah Tangga Petani untuk Membudidayakan Sorgum. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 67-72, mar. 2020. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/324>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v28i2.324.
Section
Articles