Persepsi Konsumen Terhadap Sayuran Organik dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli di Kota Mataram
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi dan minat beli konsumen terhadap sayuran organik di Kota Mataram; (2) pengaruh persepsi terhadap minat beli sayuran organik; (3) hambatan-hambatan dalam mengonsumsi sayuran organik; (4) pengaruh factor demografis terhadap persepsi konsumen sayuran organik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dimana penentuan daerah sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling dan penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling terhadap 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuisioner skala likert lima poin. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) baik persepsi maupun minat beli konsumen terhadap sayuran organic sama-sama jatuh pada kategori sedang; (2) atribut persepsi yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli adalah atribut harga; (3) hambatan paling besar dalam mengonsumsi sayuran organic adalah ketidaktersediaan sayuran organic kemudian; (4) tidak ada factor demografis yang berpengaruh terhadap persepsi konsumen pad asayuran organik.