Partisipasi Perempuan Tani pada Kegiatan Usahatani dan Penyuluhan Tanaman Pangan di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur PARTICIPATION OF WOMEN WOMEN IN BUSINESS ACTIVITIES AND EXTENSION OF FOOD PLANTS IN SAKRA BARAT DISTRICT, EAST LOMBOK DISTRICT

Main Article Content

baiq lina andriyani

Abstract

Partisipasi Perempuan tani pada kegiatan usahatani dan penyuluhan tanaman pangan di Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur ditujukan untuk mengetahui partisipasi perempuan tani dalam kegiatan usahatani tanaman pangan, mengetahui partisipasi perempuan tani penyuluhan, menhetahui kendala-kendala yang dihadapi perempuan tani dalam kegiatan penyuluhan. Jumlah responden penelitian sebanyak 45 orang yang ditentukan secara random. Data primer dikumpulkan melalui wawancara yang menggunakan kuisioner. Tahapan analisis data terdiri dari uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi perempuan tani dalam kegiatan usahatani tanaman pangan tinggi sebanyak 71%, tingkat partisipasi perempuan tani dalam penyuluhan tanaman pangan rendah sebanyak 91%, kendala-kendala yang mempengruhi rendahnya partisipasi responden dalam kegiatan penyuluhan yaitu jarak yang jauh, waktu yang kurang tepat dan tempat yang kurang nyaman, tidak bisa membaca dan menulis.

Article Details

How to Cite
ANDRIYANI, baiq lina. Partisipasi Perempuan Tani pada Kegiatan Usahatani dan Penyuluhan Tanaman Pangan di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 97-104, mar. 2020. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/445>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v29i2.445.
Section
Articles