Motivasi Petani Dalam Mengusahakan Tanaman Hortikultura di Lahan Kering Kasus Peserta KEM Pertamina Kabupaten Lombok Utara

Main Article Content

I Gusti Lanang Parta Tanaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi petani mengusahakan tanaman hortikultura di lahan kering dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani mengusahakan agribisnis hortikultura di lahan kering.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis petani hortikultura lahan kering Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara (KLU).  Daerah sampel ini ditentutan secara “purposive sampling” dengan pertimbangan bahwa desa tersebut sebagai lokasi program Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Pertamina.  Penentuan jumlah responden petani sebanyak 60 orang yang ditentukan secara quota sampling dan penentuan responden secara accidental sampling.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi petani mengusahakan tanaman hortikultura di lahan kering termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai skor 56 dari skor maksimum 72 dan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi motivasi petani adalah faktor internal yaitu pengalaman berusahatani dan luas lahan garapan petani; dan faktor eksternal yaitu ketersediaan modal dari luar, peluang pasar komoditas hortikultura dan sifat inovasi budidaya hortikultura yang menantang.  Dengan demikian maka disarankan kepada pemerintah agar meningkatkan program penyuluhan mengenai cara budidaya hortikultura yang dapat memberikan hasil produksi yang maksimal dan kepada petani untuk menanam tanaman hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi sesuai permintaan pasar dengan memperhatikan kondisi lahan pertanian dan letak geografis.

Article Details

How to Cite
TANAYA, I Gusti Lanang Parta. Motivasi Petani Dalam Mengusahakan Tanaman Hortikultura di Lahan Kering. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 26-34, apr. 2020. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/548>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v30i1.548.
Section
Articles