Manajemen Usaha dan Penerapan Digital Marketing Tanaman Hias di Kota Mataram

Main Article Content

I Gusti Ayu Cynthia Mahacakri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bauran pemasaran digital yang dilakukan oleh pengusaha tanaman hias di Kota Mataram.


Penelitian iniĀ  menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha tanaman hias. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu: data primer dan data sekunder.


Lokasi penelitian ini ditetapkan secara purposive sampling atas pertimbangan pengusaha tanaman hias paling banyak. Dari populasi ini akan diambil sampel atau responden secara sensus yaitu sebanyak 18 responden. Pemilihan responden ditentukan secara accidental sampling dengan teknik wawancara langsung dengan responden.


Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis deskriptif penerapan digital marketing dan analisis strategi digital marketing menggunakan bauran pemasaran digital 4C.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:


(1) Pada bauran pemasaran digital pengusaha melakukan Co-Creation sesuai konsep pemasaran 4.0 pada pengembangan produk yakni melibatkan konsumen melalui Sosial Media dan Google Bisnis. Selanjutnya Communal activation dengan mencantumkan alamat usaha nya di sosial media dan google bisnis untuk memudahkan dilacak dengan Google Maps. Dan 1 responden memanfaatkan jasa Go-Jek untuk mengantarkan pesanan bunga ke pelanggan berlokasi di Pagutan. Promosi dengan istilah conversation yang sifatnya percakapan interaksi dua arah. Dimana responden bebas bertanya dan memberikan keluhan melalui via sosial media mengenai harga dan melakukan kesepakatan pembelian. Bentuk keempat dalam bauran pemasaran digital adalah price dengan istilah currency dimana penetapan harganya tetap untuk harga tanaman hias di kebun maupun dipostingan sosial media. Pelanggan juga bisa datang langsung ke kebun menanyakan potongan harga tanaman hias yang diminati.


  1. Dari hasil penelitian dan pembahasan serta keadaan nyata yang diperoleh dari lapang dapat disarankan: Pengusaha tanaman hias agar meningkatkan penjualan produknya melalui whatsapp untuk berbisnis karena WhatsApp menjangkau konsumen dari berbagai wilayah dan memberi banyak kemudahan

  2. Untuk penelitian selanjutnya disarankan meneliti tentang pendapatan online karena penelitian ini terbatas hanya menghitung pendapatan usaha pada umumnya

Article Details

How to Cite
MAHACAKRI, I Gusti Ayu Cynthia. Manajemen Usaha dan Penerapan Digital Marketing Tanaman Hias di Kota Mataram. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 1-10, apr. 2020. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/549>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v30i1.549.
Section
Articles