PENGARUH PENERAPAN PAKET TEKNOLOGI BUDIDAYA TERHADAP KARAKTER PERTUMBUHAN DAN HASIL GENOTIPE TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

Main Article Content

Kisman kis man

Abstract

 


ABSTRAK


Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu komoditas strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian Indonesia. Jagung tidak hanya diperlukan untuk pangan, namun juga lebih banyak dibutuhkan untuk pakan dan bahan baku industri dalam jumlah yang terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan permintaan jagung, peningkatan produksi masih perlu diupayakan. Penerapan teknologi budidaya merupakan salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi jagung, sehingga dapat memenuhi kebutuhan permintaan jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan paket teknologi budidaya terhadap karakter pertumbuhan dan daya hasil genotipe tanaman jagung (Zea mays L.). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan lapang. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 4 perlakuan teknologi budidaya (T) : yaitu T1=Varietas Sukmaraga dengan jarak tanam (35x35)x100) cm. T2=Populasi C2 dengan jarak tanam 70 x 20 cm. T3=Lokal Bima dengan jarak tanam 70 x 20 cm. T4=Varietas Lamuru dengan jarak tanam (40x30)x60) cm. Masing-masing perlakuan diulang 6 kali sehingga diperoleh 24 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis ragam pada taraf 5% dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan paket teknologi budidaya T1 dan T4 secara statistik memberikan hasil sama atau menunjukkan tidak berbeda nyata terhadap hasil berat kering pipil (gr/tan) serta lebih baik dibandingkan dengan perlakuan paket teknologi  T2 dan T3

Article Details

How to Cite
MAN, Kisman kis. PENGARUH PENERAPAN PAKET TEKNOLOGI BUDIDAYA TERHADAP KARAKTER PERTUMBUHAN DAN HASIL GENOTIPE TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 51-60, apr. 2020. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/590>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v30i1.590.
Section
Articles