EFEKTIVITAS DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PERBATASAN INDONESIA-TIMOR LESTE KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA (STUDI KASUS DESA OEPUAH UTARA)

Main Article Content

Rofina K. Besa Boanerges Putra Sipayung Achmad Subchiandi Maulana Werenfridus Taena

Abstract

Kebijakan pupuk bersubsidi bertujuan membantu petani untuk meningkatkan produksi tanaman pangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas distribusi di Desa Oepuah Utara. Penelitian ini dilaksanakan Di Desa Oepuah Utara pada bulan Juni-September 2021. Populasi penelitian ini sebanyak 284 KK yang tersebar pada 17 kelompok tani yang ada di Desa Oepuah Utara. Sampel penelitian sebanyak 150 KK. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structure Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dan deskripsi kuantitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh dan modal sosial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas distribusi pupuk bersubsidi di Desa Oepuah Utara. Kriteria tepat tempat berada pada tingkatan efektif pada efektivitas distribusi pupuk bersubsidi. Kriteria yang lainya berada tingkatan cukup efektif.


 

Article Details

How to Cite
BESA, Rofina K. et al. EFEKTIVITAS DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PERBATASAN INDONESIA-TIMOR LESTE KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA (STUDI KASUS DESA OEPUAH UTARA). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 36-45, july 2022. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/727>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v32i1.727.
Section
Articles