FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESPON PETANI TERHADAP PENYEDIAAN BENIH UPBS BPTP GORONTALO

Main Article Content

Ari Widya Handayana Andi Yulyani Fadwiwati Hatta Muhammad

Abstract

Ringkasan

UPBS BPTP Gorontalo sebagai salah satu unit perbanyakan benih sumber (UPBS) melakukan kerja sama dengan Balai Benih  tanaman pangan dan Hortikultura Provinsi Gorontalo dan Balai sertifikasi Tanaman Pangan dan Hortikultura  diharapkan dapat mempercepat pengembangan perbenihan di Provinsi Gorontalo, khususnya dalam penyediaan benih sumber dan benih sebar dengan mutu fisik, fisiologi, genetik dan saniter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon petani terhadap kegiatan penyediaan benih yang telah dilakukan oleh UPBS BPTP Gorontalo serta faktor – faktor yang mempengaruhinya.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Pengambilan sampel kelompok tani secara purposif dan pengambilan 48 sampel petani secara pengambilan acak sederhana. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji proporsi, uji regresi linier berganda, dan uji regresi linier sederhana.


               Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar petani memiliki respon yang tinggi terhadap kegiatan penyediaan benih UPBS BPTP Gorontalo. Faktor yang berpengaruh nyata terhadap respon petani adalah peran penyuluh pertanian lapangan. Faktor yang tidak berpengaruh nyata adalah umur, tingkat pendidikan, luas lahan garapan, pengalaman usaha tani, dan keaktifan petani. Selain itu respon petani tidak mempengaruhi produktivitas hasil.

Article Details

How to Cite
HANDAYANA, Ari Widya; FADWIWATI, Andi Yulyani; MUHAMMAD, Hatta. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESPON PETANI TERHADAP PENYEDIAAN BENIH UPBS BPTP GORONTALO. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 1-18, dec. 2017. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/76>. Date accessed: 21 apr. 2024.
Section
Articles