The STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK KOPI CILIBUR DI KECAMATAN PAGUYANGAN, KABUPATEN BREBES

Main Article Content

khusnul khatimah Nurul Mega Saraswati Yasinta Sri Rahayu Ayu Rizqiyani

Abstract

Kopi termasuk komoditas perkebunan terbesar di Kecamatan Paguyangan. Kopi Cilibur merupakan satu-satunya usaha yang mengolah biji kopi menjadi produk kopi bubuk. Selama hampir 3 tahun, usaha produk Kopi Cilibur belum mengalami perkembangan yang signifikan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, kemudian menyusun Matriks IFE dan EFE, selanjutnya merumuskan strategi pengembangan usaha melalui metode SWOT. Responden adalah pemilik, pemasok biji kopi, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan produk Kopi Cilibur memiliki (a) kekuatan utama, yakni kualitas produk Kopi Cilibur yang baik, (b) kelemahan utama, yakni lokasi Kopi Cilibur yang kurang strategis, (c) peluang utama, yakni peningkatan tren minuman kopi, dan (d) ancaman utama, yakni persaingan produk yang sejenis. Matriks IFE diperoleh skor 2,172 dan Matriks EFE diperoleh skor 2,360 dengan kategori ‘sedang’ menempati posisi sel V. SeI V menggambarkan posisi Kopi Cilibur pada kondisi pertahankan dan pelihara. Analisis SWOT diperoleh 14 rumusan strategi yang terbagi dalam 4 kelompok (S-O,S-T,W-O-W-T). Strategi utama terletak pada kombinasi S-O, yakni (a) Optimalisasi kualitas dan kontinuitas produk Kopi Cilibur, (b) Melakukan kerjasama dengan pemerintah melalui berbagai program binaan, (c) Mengikuti berbagai kegiatan pameran/bazar/lokakarya, dan (d) Meningkatkan inovasi pada kemasan produk Kopi Cilibur yang lebih bervariasi.

Article Details

How to Cite
KHATIMAH, khusnul et al. The STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK KOPI CILIBUR DI KECAMATAN PAGUYANGAN, KABUPATEN BREBES. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 3, p. 824-835, dec. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/827>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i3.827.
Section
Articles