PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU APLIKASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) ASAL TSS

Main Article Content

Legina Aldaeska Salta Aluh Nikmatullah Nurrachman Nurrachman

Abstract

Salah satu kendala dari pengembangan budidaya bawang merah ini adalah kebutuhan umbi bibit yang tidak seimbang dengan ketersediaan umbi bibit bawang merah. Saat ini tersedia benih dari biji (True Shallot Seeds, TSS yang dijual secara komersial, namun jumlah umbi yang dihasilkan dari TSS masih sedikit. Pembentukan umbi dapat dimanipulasi dengan penggunaan retardart paclobutrazol (PBZ), akan tetapi keberhasilannya tergantung dari konsentrasi dengan saat aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan waktu aplikasi paclobutrazol serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L.) asal TSS. Penelitian di Rumbuk, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung selama 5 bulan mulai bulan Juli hingga November 2022. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok Faktorial 2 faktor. Faktor pertama, yaitu konsentrasi paclobutrazol dengan 4 konsentrasi dan faktor kedua yaitu waktu aplikasi paclobutrazol dengan 3 aras waktu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis of Variance (Anova) dengan taraf 5%, selanjutnya perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut menggunakan uji BNJ 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa interaksi antara konsentrasi dan waktu aplikasi berpengaruh nyata pada laju pertumbuhan tinggi tanaman dan diameter umbi. Pada konsentrasi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah, kecuali pada berat basah tanaman dan berat kering setiap umbi. Waktu aplikasi pengaruh nyata hanya pada diameter umbi.

Article Details

How to Cite
SALTA, Legina Aldaeska; NIKMATULLAH, Aluh; NURRACHMAN, Nurrachman. PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU APLIKASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) ASAL TSS. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 3, p. 769-780, dec. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/878>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i3.878.
Section
Articles