STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “VIDA BERSEMI” (STUDI KASUS: KELURAHAN PADURENAN KECAMATAN MUSTIKA JAYA, KOTA BEKASI)

Main Article Content

Arya Rahman Rizaldi Indra Tjahaja Amir Noor Rizkiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usaha, Kelompok Wanita Tani (KWT) Vida Bersemi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis dan matriks SWOT, matriks I-E, dan metode QSPM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat sepuluh faktor internal dan sepuluh faktor eksternal yang mempengaruhi dengan hasil perhitungan IFE senilai 2.577 dan EFE senilai 2.824. Berdasarkan identifikasi I-E, KWT Vida Bersemi menempati posisi pada sel lima yaitu strategi Hold and Maintain. Berdasarkan SWOT matriks, terdapat delapan alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan hasil analisis dari faktor lingkungan, yaitu SO1 yaitu mengoptimalkan peran anggota kelompok, SO2 yaitu Memperluas jangkauan pemasaran produk, WO1 yaitu dilakukan sosialisasi dari Pemerintah, WO2 yaitu mulai berkerjasama dengan mitra setempat, ST1 yaitu meningkatkan kegiatan promosi, ST2 yatiu mengoptimalkan lokasi dan teknologi produksi, ST3 yaitu memfokuskan kegiatan penelitian dan pelatihan, dan WT1 yaitu melakukan pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis matriks QSPM, terdapat dua strategi prioritas yang dapat dilakukan oleh perusaahaan, diataranya SO1 yaitu mengoptimalkan peran anggota kelompok tani untuk meningkatkan kinerja, dan ST2 yaitu mengoptimalkan lokasi dan teknologi produksi untuk memenuhi permintaan pasar.
Kata Kunci : Strategi, EFE, IFE, SWOT, QSPM

Article Details

How to Cite
RIZALDI, Arya Rahman; AMIR, Indra Tjahaja; RIZKIYAH, Noor. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “VIDA BERSEMI” (STUDI KASUS: KELURAHAN PADURENAN KECAMATAN MUSTIKA JAYA, KOTA BEKASI). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 2, p. 425-434, sep. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/904>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.904.
Section
Articles