PREFERENSI KONSUMEN BUAH SEMANGKA TANPA BIJI DI KOTA BANDUNG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dalam pembelian buah semangka tanpa biji di Kota Bandung menganalisis preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian buah semangka tanpa biji di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan data sebanyak 60 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan yaitu telah melakukan pembelian buah semangka tanpa biji di Kota Bandung Atribut buah semangka tanpa biji yang dianalisis terdiri dari atribut harga, atribut bentuk, atribut ukuran, atribut rasa, dan atribut penyajian. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum karakteristik konsumen buah semangka tanpa biji adalah perempuan, berstatus ibu rumah tangga, dengan rentang usia 26-35 tahun, pendidikan terakhir sarjana/sederajat, mempunyai pendapatan lebih dari Rp5.000.000 perbulan. Motivasi pembelian buah semangka tanpa biji untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin keluarga serta kecenderungan melakukan pembelian buah semangka tanpa biji secara situasional dengan frekuensi pembelian seminggu sekali, dan buah semangka tanpa biji yang dibeli sebanyak 1 buah atau pack. Preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian buah semangka tanpa biji mengacu pada pilihan buah semangka tanpa biji dengan atribut harga kurang dari Rp15.000 perkilogram, atribut bentuk bulat, atribut ukuran (3-5 kg), atribut rasa yang manis dan atribut penyajian yaitu potongan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.