ANALISIS PROFITABILITAS DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI ABON IKAN LELE (STUDI KASUS AGROINDUSTRI ABON IKAN LELE BU TRI, KOTA SURABAYA)

Main Article Content

Camilla Mumtaza Putri Audria Hamidah Hendrarini Nisa Hafi Idhoh Fitriana

Abstract

Ikan lele segar menjadi abon ikan lele merupakan salah satu upaya selain untuk memperpanjang daya simpan produk juga untuk menghasilkan nilai tambah dari ikan lele segar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembuatan abon ikan lele, menganalisis keuntungan dan nilai tambah yang dihasilkan oleh agroindustri abon ikan lele bu Tri di Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kelurahan Panjang Jiwo, Kota Surabaya. Data yang dikumpulkan untuk penelitian yaitu dari 1 orang pemilik agroindustri dan 3 tenaga kerja agroindustri ini. Metode analisis nilai tambah yang digunakan adalah Metode Hayami yang menghasilkan nilai tambah yang dihasilkan agroindustri abon ikan lele bu Tri sebesar Rp. 15.393,-/ kg dengan rasio nilai tambah sebesar 18,65%, termasuk dala kategori sedang karena >15%. Besarnya nilai keuntungan yang diperoleh oleh pelaku agroindustri sebesar Rp. 10.393,- dengan rasio keuntungan sebesar 67,51%.

Article Details

How to Cite
AUDRIA, Camilla Mumtaza Putri; HENDRARINI, Hamidah; FITRIANA, Nisa Hafi Idhoh. ANALISIS PROFITABILITAS DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI ABON IKAN LELE (STUDI KASUS AGROINDUSTRI ABON IKAN LELE BU TRI, KOTA SURABAYA). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 2, p. 475-484, sep. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/925>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.925.
Section
Articles