KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTHROPODA MUSUH ALAMI HAMA PADA TANAMAN KANGKUNG AIR (Ipomea aquatica F.) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Main Article Content

Fathul Azis Ruth Stella Petrunela Thei Irwan Muthahanas

Abstract

Penelitian tentang Arthropoda ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Keragaman dan Kelimpahan Arthropoda Musuh Alami Hama pada Tanaman Kangkung Air (Ipomea aquatica F.) di Kabupaten Lombok Barat.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang dilakukan dengan tehnik survey lapangan dan koleksi serangga. Penelitian ini dilakukan di 3 Kecamatan yang memiliki tingkat produktivitas tanaman Kangkung Air tertinggi di Lombok Barat pada bulan Maret 2023. Pengambilan sampel arthropoda musuh alami  hama dilakukan sebanyak 4 kali denganmenggunakan Perangkap Panci Kuning yang berisi air deterjen dan Jaring serangga. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan 2 kelas Arthropoda musuh alami yaitu Arachnida dan Insecta, 5 Ordo, 9 Famili, dan 10 spesies Arthropoda Musuh Alami antara lain Argiope catenulate, Cicurina sp., Oxyopes attenuates, Lepthypanthes tenuis,Cheilomenes sexmaculata, Coreus Marginatus, Leptoglossus occidentali sp., Onychogomphus forcipatus, Argiocnemis pieris, dan Doryctobracon aroelatus. Ketiga lokasi pengamatan dikategorikan sebagai keragaman sedang, dengan nilai Kecamatan Lingsar (2,204), Kecamatan Narmada (2,019), dan Kecamatan Labuapi (2,257). Doryctobracon aroelatus adalah spesies Arthropoda dari famili Braconidae yang memiliki nilai indeks kelimpahan tertinggi (26.271). Spesies yang menduduki peringkat kedua adalah Onychogomphus forcipatus dari famili Ghomphidae (20.339), sementara spesies yang menempati peringkat ketiga adalah Argiocnemis pieris dari famili Coenagrionidae (17.797).


 

Article Details

How to Cite
AZIS, Fathul; THEI, Ruth Stella Petrunela; MUTHAHANAS, Irwan. KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTHROPODA MUSUH ALAMI HAMA PADA TANAMAN KANGKUNG AIR (Ipomea aquatica F.) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 3, p. 1051-1061, dec. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1006>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i3.1006.
Section
Articles