KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTHROPODA PREDATOR PADA EKOSISTEM TUMPANGSARI TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum) DENGAN BEBERAPA TANAMAN AROMATIK

Main Article Content

Ika Aprilianti Ruth Stella Petrunella Thei Hery Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dan kelimpahan Arthropoda predator pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) yang ditumpangsarikan dengan beberapa tanaman aromatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 6 dengan perlakuan P1= Monokultur kentang (Kontrol); P2= Tumpangsari kentang dengan kemangi; P3= Tumpangsari kentang dengan seledri; P4= Tumpangsari kentang dengan bawang daun.. Keragaman spesies Arthropoda predator tertinggi terdapat pada tumpangsari kentang dengan bawang daun yaitu 11 spesies, diikuti dengan monokultur kentang 9 spesies, tumpangsari kentang dengan kemangi 6 spesies, dan tumpangsari kentang dengan seledri 6 spesies. Kelimpahan Arthropoda predator tertinggi terdapat pada tumpangsari kentang dengan seledri yaitu 248 individu, diikuti dengan tumpangsari kentang dengan bawang daun 242 individu, monokultur kentang 203 individu, dan tumpangsari kentang dengan kemangi 191 individu. Indeks keragaman tertinggi terdapat pada tumpangsari kentang dengan kemangi (1.058) dikategorikan sedang, diikuti  tumpangsari kentang dengan bawang daun (1.007) dikategorikan sedang, monokultur kentang (0.905) dikategorikan rendah, dan tumpangsari kentang dengan seledri  (0.788) dikategorikan rendah. Indeks kelimpahan tertinggi  pada setiap perlakuan adalah Coenosia humilis, Philonthus sp., dan Cheilomenes sexmaculata.

Article Details

How to Cite
APRILIANTI, Ika; THEI, Ruth Stella Petrunella; HARYANTO, Hery. KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTHROPODA PREDATOR PADA EKOSISTEM TUMPANGSARI TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum) DENGAN BEBERAPA TANAMAN AROMATIK. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 1, p. 83-93, apr. 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1020>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i1.1020.
Section
Articles