PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOHE KAMBING YANG DIFERMENTASI DENGAN BIOAKTIVATOR Streptomyces sp. TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM TANAMAN CABAI

Main Article Content

Imam Nurizal Ruth Stella Petrunella Thei Irwan Muthahanas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kohe kambing yang difermentasi dengan bioaktivator Streptomyces sp. terhadap penyakit layu yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. pada tanaman cabai (C. frutescens). Percobaan dilaksanakan di sawah milik petani pada bulan Mei - September 2023, di Kelurahan Surya Wangi, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu T0 (Tanpa pemberian pupuk), B0 (Pupuk KOHE Kambing tanpa penambahan bioaktivator), BA1 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSI), BA2 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSC), BA3 (Pupuk KOHE Kambing + BSI + BSC), dan BA4 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSI + BSC) dan setiap perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga didapatkan 36 unit petak percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada parameter insiden penyakit fusarium, jumlah buah, serta bobot buah menunjukkan hasil yang berbeda nyata.

Article Details

How to Cite
NURIZAL, Imam; PETRUNELLA THEI, Ruth Stella; MUTHAHANAS, Irwan. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOHE KAMBING YANG DIFERMENTASI DENGAN BIOAKTIVATOR Streptomyces sp. TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM TANAMAN CABAI. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 1, p. 219-229, apr. 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1037>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i1.1037.
Section
Articles