STRATEGI ADAPTASI PENGHIDUPAN PEREMPUAN TANI TRIGONA PASCA COVID-19 DAN GEMPA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Main Article Content

Baiq Yulfia Elsadewi Yanuartati

Abstract

Trigona merupakan salah satu alternatif sumber mata pencaharian yang relatif masih baru bagi masyarakat di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Berkembangnya pertanian Trigona ini selain karena dukungan sumberdaya alam yang berlimpah, juga karena pemeliharaannya relatif murah dan nilai ekonominya (harga jual) yang relatif tinggi. Mudahnya Bertani Trigona menyebabkan banyak perempuan di Kecamatan ini ikut melakukan budidaya Trigona. Akan tetapi, gempa besar tahun 2018 dan pandemic Covid-19 memberikan dampak kesehatan dan sosial-ekonomi bagi masyarakat, termasuk para petani Trigona di Kecamatan Tanjung ini. Sebagai sifat dasar manusia, adaptasi terhadap perubahan yang berdampak pada penghidupan mereka merupakan hal yang penting. Apa saja dan bagaimana strategi penghidupan para petani perempuan Trigona juga merupakan hal yang penting untuk diketahui untuk memahami bagaimana bentuk bantuan atau kebijakan yang dibuat dalam program penanggulangan bencana yang berdampak baik bagi penghidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang melibatkan 32 orang perempuan tani. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dan ditemukan 3 (tiga) kategori strategi penghidupan perempuan tani Trigona meliputi startegi aktif, pasif, dan jaringan. Komposisi ketiga strategi ini berbeda-beda di antara para petani perempuan ini tergantung dari kondisi penghidupan mereka.   

Article Details

How to Cite
YANUARTATI, Baiq Yulfia Elsadewi. STRATEGI ADAPTASI PENGHIDUPAN PEREMPUAN TANI TRIGONA PASCA COVID-19 DAN GEMPA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 1-10, apr. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/781>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i1.781.
Section
Articles