PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CAFÉ SUPER GLU! RUNGKUT
Main Article Content
Abstract
Super Glu! Merupakan sebuah cafe kekinian dengan nuansa workspace. Café ini menyediakan berbagai berbagai jenis minuman coffee dan non coffee. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan analisis segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian pada cafe super glu!. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling, responden penelitian yaitu konsumen yang melakukan transaksi pembelian minuman minimal satu kali pembelian dengan usia 17 tahun keatas, jumlah responden penelitian sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data memakai kuisioner pada googleform dengan skala liker 1-5 dengan jumlah 29 pertanyaan. Setelah data terkumpul kemudian dianalis dengan alat analisis deskriptif dan SEM PLS dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen merupakan perempuan mahasiswi yang berusia 23 – 28 tahun dengan berpenghasilan Rp 0 – Rp 1.000.000 sementara Variabel segmentasi geografis, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku yang memiliki pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Café Super Glu!.
Super Glu! Is a contemporary cafe with a sense of workspace. This cafe provides a variety of different types of coffee and non coffee drinks. The purpose of this study was to identify consumer characteristics and market segmentation analysis of purchasing decisions at cafe super glu!. Sampling technique is non probability sampling, the respondents of this study are consumers who make beverage purchase transactions at least one purchase with the age of 17 years and over, the number of research respondents as many as 100 people. This study uses quantitative descriptive analysis method. Data collection techniques using questionnaires on googleform with a scale of 1-5 liker with a total of 29 questions. After the data collected and then analyzed with descriptive analysis tools and SEM PLS (Structural Equation Model Partial Least Square) with SmartPLS application. The results showed that the majority of consumers are female students aged 23-28 years with an income of Rp 0-Rp 1,000,000 while Geographical segmentation, psychographic segmentation, and behavioral segmentation variables that have a significant positive influence on consumer purchasing decisions in Café Super Glu!.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.