ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MINUMAN KOPI MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS FORE COFFEE TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen minuman kopi, mengetahui bagaimana penerapan green marketing mix, serta menganalisis pengaruh variabel green marketing mix terhadap minat beli konsumen minuman kopi melalui brand image sebagai variabel intervening dengan lokasi penelitian adalah Fore Coffee Tunjungan Plaza 3 dan 6 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah konsumen minuman kopi Fore Coffee Tunjungan Plaza 3 dan 6 Surabaya sejumlah 60 orang. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Hasil pengaruh langsung dalam penelitian ini adalah green marketing mix berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai t-statistics 2,724>1,96 serta nilai p-value yaitu 0,006<0,05; green marketing mix berpengaruh langsung terhadap brand image dengan nilai t-statistics 9,017>1,96 serta nilai p-value 0,000<0,05; serta brand image berpengaruh langsung terhadap minat beli konsumen dengan nilai t-statistics 4,848>1,96 serta nilai p-value 0,000<0,05. Hasil pengaruh tidak langsung dalam penelitian ini adalah brand image secara tidak langsung dapat memediasi dengan penuh (full mediation) pengaruh antara green marketing mix terhadap minat beli konsumen secara positif dan signifikan dengan nilai t-statistics 4,450>1,96 serta nilai p-value 0,000<0,05.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.