RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum Esculentum Mill.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM TERHADAP PERLAKUAN SUPLEMEN PUPUK DAUN

Main Article Content

Niha Hidayati Mantika I Komang Damar Jaya Bambang Budi Santoso Bambang Budi Santoso

Abstract

Dua pendekatan digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di musim hujan akibat gugur bunga. Pertama adalah memilih varietas yang tahan dan kedua memperkaya unsur penambah bunga (fosfat) dan unsur memperkuat bunga (kalium). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari respon pertumbuhan dan hasil dua varietas tomat yang ditanam di lahan kering pada musim hujan terhadap perlakuan pupuk daun. Satu percobaan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2022 hingga Februari 2023 di Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Perlakuan yang diuji adalah dua varietas tomat hybrida komersial, Servo dan Tymoti dan dua pupuk daun, Provit Merah (kaya fosfat) dan Provit Orange (kaya kalium) ditambah perlakuan tanpa pupuk daun. Provit Merah mengandung 30% fosfat dan Provit Orange mengandung 39% kalium. Perlakuan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara dua faktor yang diuji. Persentase kerontokan bunga pada kedua varietas tidak dipengaruhi oleh perlakuan pupuk daun. Pertumbuhan dan hasil kedua varietas tanaman tomat relatif sama namun ada kecenderungan varietas Servo hasilnya lebih tinggi. Pertumbuhan tanaman tomat merespon secara sama terhadap perlakuan jenis pupuk daun namun hasil tanaman, berat buah per petak, merespon secara berbeda. Hasil yang lebih tinggi dihasilkan dari perlakuan Provit Merah. Perlu kajian lebih lanjut untuk menguji pengaruh kombinasi pupuk daun yang kaya fosfat dan kaya kalium terhadap hasil tanaman tomat di musim hujan.


 

Article Details

How to Cite
MANTIKA, Niha Hidayati et al. RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum Esculentum Mill.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM TERHADAP PERLAKUAN SUPLEMEN PUPUK DAUN. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 1, p. 39-50, feb. 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/951>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i1.951.
Section
Articles