ANALISIS SIKAP KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH PISANG DI KOTA MATARAM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku pembelian konsumen terhadap buah pisang di Kota Mataram dan menganalisis sikap konsumen terhadap berbagai atribut buah pisang di Kota Mataram dengan menggunakan metode deskriptif, sebanyak 100 responden di Kota Mataram. Penentuan daerah sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik survey yaitu wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis multi atribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pembelian konsumen terhadap buah pisang adalah melakukan pembelian dengan frekuensi pembelian sebanyak 1-2 kali dalam satu bulan, dengan jumlah pembelian sebanyak 2-3 kg, dan tempat pembelian di pasar tradisional. Konsumen bersikap sangat positif terhadap atribut jenis pisang dan kesegaran, bersikap positif terhadap atribut pematangan dan harga, serta bersikap netral terhadap atribut label keamanan. Secara keseluruhan konsumen bersikap positif terhadap semua atribut buah pisang dan cenderung akan membeli kembali buah pisang yang dijual.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.