STRATEGI PEMASARAN PRODUK PESTISIDA (STUDI KASUS UD BILASUNDUNG KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Main Article Content

Fadli Fadli Aeko Fria Utama FR

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu mindset pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan strategi pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan budget untuk pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penggunaan strategi dalam pemasaran produk-produk pestisida pada UD Bilasundung Kabupaten Lombok Timur. Metode pengambilan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan observasi langsung di lapangan. Penelitian ini dilakukan pada UD Bilasundung yang berlokasi di Desa Paok Pampang, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024. Aspek-aspek yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi analisis bauran pemasaran, IFE, EFE, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (a) Bauran pemasaran yang diterapkan oleh UD Bilasundung dalam pemasaran produk pestisida, meliputi penentuan harga yang tepat, produk yang tepat, promosi yang tepat, dan lokasi pemasaran yang tepat, (b) Strategi pemasaran produk pestisida pada UD Bilasundung berada pada kuadran I, dimana strategi yang dapat diambil adalah agresif atau growth oriented strategy yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki UD Bilasundung dalam meningkatan penerimaan atau pendapatan. Selain itu, pada kuadran I ini UD Bilasundung dapat menerapkan strategi S-O (Strenght Opportunities) dalam kegiatan pemasaran produk pestisida.

Article Details

How to Cite
FADLI, Fadli; FR, Aeko Fria Utama. STRATEGI PEMASARAN PRODUK PESTISIDA (STUDI KASUS UD BILASUNDUNG KABUPATEN LOMBOK TIMUR). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 1, p. 327-337, may 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1098>. Date accessed: 07 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i1.1098.
Section
Articles