APLIKASI JENIS MULSA ORGANIK DAN INTENSITAS PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.)

Main Article Content

Siti Rohanah Dewi Firnia Kiki Roidelindho Imas Rohmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh jenis mulsa organik dan intensitas penyiraman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) di Banten. Kajian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktorial 3 taraf jenis mulsa organik dan 3 taraf intensitas penyiraman, diulang sebanyak 3 kali. Hasil pengamatan mencakup tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah polong per tanaman, bobot basah tanaman, bobot kering tanaman, bobot biji basah, dan bobot biji kering. Analisis menunjukkan bahwa jenis mulsa organik jerami padi berpengaruh pada beberapa parameter pertumbuhan tanaman, sementara intensitas penyiraman setiap hari memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tanaman. Interaksi antara jenis mulsa organik dan intensitas penyiraman tidak diamati dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
ROHANAH, Siti et al. APLIKASI JENIS MULSA ORGANIK DAN INTENSITAS PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.). AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 2, p. 405-417, aug. 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1121>. Date accessed: 16 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i2.1121.
Section
Articles