PENGARUH JENIS SUMBU DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa subsp. L) VARIETAS MASBRO SECARA HIDROPONIK SISTEM WICK

Main Article Content

Bela Juniarti Sri Ritawati Kiki Roidelindho Andi Apriany Fatmawaty

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menentukan jenis sumbu dan media tanam yang paling efektif dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi apakah terdapat interaksi antara jenis sumbu dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Kajian merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu Banten (Sitandu Banten), Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, dari bulan Februari hingga April 2024 menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis sumbu dan media tanam dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Jenis sumbu kain flannel (N1) memberikan hasil terbaik pada parameter jumlah daun, lebar daun, bobot basah, dan bobot kering. Perlakuan jenis sumbu kain wol (M4) dan media tanam rockwool lebih efisien digunakan untuk pertumbuhan pakcoy. Perlakuan media tanam menunjukkan hasil terbaik terhadap parameter jumlah daun, panjang daun, lebar daun, dan tinggi tanaman. Terdapat interaksi antara jenis sumbu dan media tanam terhadap jumlah klorofil, sedangkan pada parameter lainnya tidak terdapat interaksi antara jenis sumbu dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy.

Article Details

How to Cite
JUNIARTI, Bela et al. PENGARUH JENIS SUMBU DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa subsp. L) VARIETAS MASBRO SECARA HIDROPONIK SISTEM WICK. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 34, n. 2, p. 392-404, aug. 2024. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1122>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v34i2.1122.
Section
Articles