FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CABAI MERAH BESAR DI KOTA MATARAM

Main Article Content

Amry Rakhman Anwar Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah besar dan untuk menganalisis elastisitas harga, elastisitas silang, dan elastisitas pendapatan konsumen permintaan cabai merah besar di Kota Mataram.Penelitian ini dilakukan di Pasar Mandalika Kecamatan Sandubaya dan Pasar Kebon Roek Kecamtan Ampenan. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan alasan memilih lokasi penelitian karena pasar tersebut merupakan pasar tradisional yang banyak terdapat pedagang cabai merah besar. Konsumen cabai merah besar diambil 40 orang konsumen, dimana di tiap pasar yang telah ditentukan diambil 20 orang konsumen. Metode pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan fungsi Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah besar secara signifikan yaitu harga cabai merah besar, harga bawang merah, pendapatan konsumen dan jumlah anggota keluarga. Sementara harga cabai merah keriting tidak berpengaruh secara signifikan. (2) Elastisitas harga menunjukan bahwa cabai merah besar bersifat inelastis, cabai merah keriting sebagai barang subtitusi dan bersifat inelastis, dan bawang merah sebagai barang komplementer dan bersifat inelastis, dan pendapatan konsumen bersifat inelastis.


 

Article Details

How to Cite
RAKHMAN, Amry; ANWAR, Anwar. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CABAI MERAH BESAR DI KOTA MATARAM. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 35, n. 2, p. 606-615, oct. 2025. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/1527>. Date accessed: 16 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v35i2.1527.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)