PERSEPSI PETANI PADI SAWAH TERHADAP KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN LAHAN KERING DI KECAMATAN INSANA UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PERSEPSI PETANI PADI SAWAH TERHADAP KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN LAHAN KERING DI KECAMATAN INSANA UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Main Article Content

Kanisius Kolo Umbu Joka Agustinus Nubatonis

Abstract

Presepsi merupakan penilaian seseorang yang berdasarkan hasil pemikiran kita. Sedangkan Kompetensi penyuluh pertanian dapat diukur berdasarkan kinerja serta tugas dan peran penyuluh itu sendiri. Kompetensi merupakan kemampuan tugas-tugas secara efektif, sedangkan makna profesional merujuk tingkat keahlian atau keterampilan yang didasarkan dalam menjalankan tuntutan tugas atau profesinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) gambaran umum peyuluh pertanian lapangan dan; 2) untuk mengetahui hubungan antara persepsi petani padi sawah terhadap kompetensi penyuluh pertanian lapangan di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara pada bulan januari 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 responden. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tenggah Utara yang bertujuan untuk meningkatkan Intesitas penyuluhan, Materi penyuluhan, serta Metode penyuluhan. Hasil penelitian persepsi petani padi sawah terhadap kompetensi penyuluh di Kecamatan Insana Utara cukup baik dengan tingkat berpengaruhya 2,02%, diikuti materi penyuluh kurang baik/tidak setuju dengan tingkat berpengaruhnya 2,32%, dan metode penyuluh baik dengan tingkat berpengaruhnya 2,42%. Total rata-rata kompetensi penyuluh pertanian dikelompok tani bernilai 2,25 yang termasuk dalam kategori cukup baik, artinya kelompok tani baik dengan pemberdayaan yang dilakukan dikelompok tani.


 


Kata Kunci : Persepsi, Petani, Kompetensi, Penyuluh, dan Padi Sawah

Article Details

How to Cite
KOLO, Kanisius; JOKA, Umbu; NUBATONIS, Agustinus. PERSEPSI PETANI PADI SAWAH TERHADAP KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN LAHAN KERING DI KECAMATAN INSANA UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 189-195, jan. 2022. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/705>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v31i3.705.
Section
Articles