MARGIN PEMASARAN PISANG KEPOK DI DESA WESEBEN KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA
Main Article Content
Abstract
Pemasaran pisang pada dasarnya merupakan institusionalisasi pelayanan untuk menjembatani berpindahnya pisang dari sisi produksi sisi konsumsi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka dari bulan Juni 2021 sampai selesai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, dan margin pemasaran yang diterima pelaku pemasaran pisang kepok di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran sedangkan untuk menganalisis margin pemasaran menggunakan rumus margin pemasaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran, yaitu : saluran pemasaran I (petani- konsumen), saluran pemasaran II (petani-pengecer-konsumen), saluran pemasaran III (petani-pengumpul-pengecer-konsumen). Fungsi-fungsi pemasaran dalam penelitian ini yang dilakukan oleh setiap lembaga yang terlibat yaitu : fungsi yang dilakukan oleh produsen (petani) yaitu : fungsi pertukaran dan fungsi fasilitas. Pedagang pengumpul melakukan fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Pedagang pengecer melakukan fungsi pertukaran, fungsi fasilitas, dan fungsi fisik. Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp 0, pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 15.000 dan saluran pemasaran III sebesar Rp. 25.000.