PENGARUH PERAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN NON FORMAL PETANI DI DESA OEKOLO KECAMATAN INSANA UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Main Article Content

Anggelina Micicho Ratrigis Yosefina Marice Fallo Umbu Joka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran peran penyuluh dalam meningkatkan pendidikan petani di Desa Oekolo kecamatan Insana Utara, (2) mengetahui kegiatan penyuluh dalam memberikan pelayanan pendidikan non formal kepada petani di Desa Oekolo kecamatan Insana Utara, (3) mengetahuihubungan peran penyuluh dan pendidikan non formal di Desa Oekolo kecamatan Insana Utara. Penelitian dilakukan di Desa Oekolo, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sampai selesai. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin dimana jumlah sampel yang digunakan sebanyak 62 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode Analisis Deskriptif, Skala Likert, dan Analisis Korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran penyuluh terhadap pendidikan petani sangat berpengaruh. Hal ini dapat dilihat dari respon petani terhadap kinerja kerja penyuluh yang dirasa sangat efektif dalam kehidupan sehari-hari.


                                                                                                                                                


Kata Kunci: Meningkatkan Pendidikan Non Formal Petani, Pengaruh Peran Penyuluh

Article Details

How to Cite
RATRIGIS, Anggelina Micicho; FALLO, Yosefina Marice; JOKA, Umbu. PENGARUH PERAN PENYULUH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN NON FORMAL PETANI DI DESA OEKOLO KECAMATAN INSANA UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 283-290, june 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/780>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i1.780.
Section
Articles