ANALISIS USAHATANI JAGUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Main Article Content

Nining Zarwati Hayati Hayati Muktasam Muktasam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan serta komtribusi usahatani jagung pada pendapatan rumah tangga di Kecamatan Jerowaru. Penelitian ini dilaksanakan di desa Ekas Buana dan Pemongkong dengan pertimbangan kedua desa ini memiliki produksi jagung yang tinggi di Kecamatan Jeriowaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik survey, lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan petani jagung terbanyakyang berada di kecamatan Jerowaru. Pemilihan petani Jagung sebagai responden yaitu sebanyak 30 orang dengan pertimbangan 30 orang tersebut dapat mewakili populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pendapatan  usahatani jagung adalah 14.021.652/LLG dengan R/C Rasio 1.2 yang menunjukkan bahwa usahatani jagung layak untuk diusahakan serta usaha non pertanian sebesar 2.514.667/LLG dengan kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 15% sedangkan kontribusi usahatani jagung terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Jerowaru sebesar 85% yang artinya usahatani jagung memiliki kontribusi yang sangat tinggi terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Jerowaru sehingga usahatani jagung layak untuk diusahakan.

Article Details

How to Cite
ZARWATI, Nining; HAYATI, Hayati; MUKTASAM, Muktasam. ANALISIS USAHATANI JAGUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 2, p. 625-633, nov. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/850>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.850.
Section
Articles