ANALISIS KEMISKINAN PETANI LAHAN KERING DAN MODEL PENGENTASANNYA BERBASIS AKTUALISASI POTENSI PRODUKTIF KELOMPOK PEREMPUAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Main Article Content

Candra Ayu Wuryantoro Wuryantoro

Abstract

Internalisasi budaya patriarkhi dalam masyarakat petani lahan kering di Kabupaten Lombok Tengah menghilangkan kesempatan kelompok perempuan berkontribusi  untuk mensejahterakan keluarganya. Penelitian ini merupakan Grounded Research  di Kecamatan Pujut (kecamatan terluas lahan keringnya) dan pengambilan responden di Desa Tanaq Awu (40 ibu rumahtangga dan 23 anak perempuan). Penelitian ini bertujuan  mengidentifikasi potensi kerja kelompok perempuan, menganalisis kemiskinan dan merancang model pengentasannya berbasis aktualisasi potensi produktif kelompok perempuan yang selaras tradisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani tergolong miskin  dengan pendapatan per kapita setara beras 162,42 kg/tahun atau senilai  US $104,14/tahun. Penyebab utama kemiskinan adalah rendahnya produktivitas dan pendapatan usahatani serta kukungan tradisi patriarkhi untuk perempuan. Model pengentasan kemiskinannya harus selaras tradisi dan berbasis aktualisasi potensi produktif ekonomi kelompok perempuan karena  baru berkontribusi 8 % sedangkan potensi kerjanya 672,95 HKO/tahun. Inti model adalah pengembangan unit pengolahan pangan untuk kelompok perempuan di rumah penduduk.  Pendukung model: tersedia waktu banyak kelompok perempuan, potensi peran domestik kelompok laki-laki, tersedia produk pertanian lokal, akses pasar, motivasi untuk sejahtera, ikatan bathin dengan kampung halaman sehingga menolak bekerja di luar. Implementasi model dapat mewujudkan “dual earner families” antar kelompok perempuan dan laki-laki, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumberdaya manusia serta terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Article Details

How to Cite
AYU, Candra; WURYANTORO, Wuryantoro. ANALISIS KEMISKINAN PETANI LAHAN KERING DAN MODEL PENGENTASANNYA BERBASIS AKTUALISASI POTENSI PRODUKTIF KELOMPOK PEREMPUAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 325-337, june 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/844>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i1.844.
Section
Articles