KOMPARASI BIAYA PENGOVENAN TEMBAKAU ANTAR JENIS BAHAN BAKAR DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR Kasus Kecamatan Sikur

Main Article Content

Abdullah Usman Bq Dwi Wulandari Dian Lestari Miharja

Abstract

Pengovenan tembakau merupakan suatu cara pengeringan tembakau menggunakan oven dengan bantuan bahan bakar dan menggunakan beberapa alat. Dalam proses usaha pengovenan tembakau ini ada beberapa macam pilihan bahan bakar yang dapat digunakan oleh petani, dengan demikian perlu diteliti bahan bakar apa saja yang bisa digunakan dan penggunaannya efektif pada pengovenan tembakau. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  manajemen usahatani tembakau di Kecamatan Sikur dan Inventarisir jenis bahan bakar yang digunakan untuk pengovenan tembakau di Kecamatan Sikur serta membandingkan bahan bakar yang paling efisien digunakan untuk pengovenan tembakau di Kecamatan Sikur Lombok Timur. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini (1) Berdasarkan manajemen usahatani tembakau yang dimulai dari planning, organizing, actuating, dan controlling rata-rata semua responden melakukan manajemen usahatami tembakau yang di mulai dari proses pembibitan sampai pemasaran. (2) Jenis bahan bakar yang digunakan pada pengovenan tembakau di Kabupaten Lombok Timur adalah bahan bakar kayu, cangkang sawit, cangkang kemiri dan campuran. (3) Bahan bakar pengovenan tembakau yang paling efisien adalah campuran 1 (kayu dan cangkang sawit) dengan poin paling banyak yaitu sebesar 14 poin, yang di ukur dari segi harga bahan bakar, biaya tenaga kerja, kemudahan penggunaan dan nilai R/C Ratio sebesar 1,62.

Article Details

How to Cite
USMAN, Abdullah; WULANDARI, Bq Dwi; MIHARJA, Dian Lestari. KOMPARASI BIAYA PENGOVENAN TEMBAKAU ANTAR JENIS BAHAN BAKAR DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. AGROTEKSOS, [S.l.], v. 33, n. 2, p. 485-495, oct. 2023. ISSN 2685-4368. Available at: <https://agroteksos.unram.ac.id/index.php/Agroteksos/article/view/895>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.895.
Section
Articles