ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN PANGAN KELOMPOK WANITA TANI MELATI DI DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA, KABUPATEN LOMBOK BARAT
Main Article Content
Abstract
Strategi pemasaran merupakan logika dasar pelaku usaha dalam melakukan pertukaran nilai dengan pelanggan agar sesuai dengan harapan. Dalam merumuskan strategi pemasaran, diperlukan pertimbangan-pertimbangan faktor internal dan faktor eksternal, baik yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan maupun peluang dan ancaman yang dirasakan perusahaan. Salah satu unit usaha yang saat ini membutuhkan strategi pemasaran adalah Kelompok Wanita Tani Melati yang terletak di Desa Suranadi. Kelompok ini sudah cukup lama bergerak dalam bidang usaha pengolahan pangan, namun belum menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran produk olahan pangan Kelompok Wanita Tani Melati, sehingga menghasilkan alternatif strategi yang dapat diimplementasikan. Responden dalam penelitian ini ditentukan secara sengaja dengan asumsi responden tersebut kompeten dan mengetahui kegiatan operasional KWT Melati secara menyeluruh. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian merekomendasikan agar KWT Melati menggunakan strategi pertumbuhan agresif, yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki. Alternatif strategi yang ditawarkan adalah peningkatan jumlah produksi dan pemasaran intensif pada saat event-event tertentu, serta peningkatkan kualitas produk untuk mempertahankan pelanggan setia.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.